Langsung ke konten utama

Info Lomba Menulis Puisi

LOMBA MENULIS PUISI NASIONAL KOMUNITAS RUAMAH SUNGAI (KMRS)-DL 28 January 2012

by Sujud Arismana on Monday, November 28, 2011 at 9:51pm
(Menumbuhkembangkan Sastra Melalui Penerbitan Buku)
Sejak berdirinya pada tanggal 23 Juli 2008, Komunitas Rumah Sungai Lombok Timur tidak henti-hentinya menggaungkan perkembangan sastra di NTB, khususnya di Lombok Timur. Berbagai acara sastra dan kesenian kerap digelar, baik berupa acara-acara workshop / pelatihan sampai pada acara-acara yang berupa pementasan panggung. Ini semua tiada lain hanya dimaksudkan untuk terus menggeliatkan perkembangan sastra yang sudah ada, terutama pada kalangan muda. Dan untuk itu sebagai komunitas yang ada di Indonesia, Komunitas Rumah Sungai pun bermaksud mengadakan lomba Menulis Puisi Nasional. Lomba ini dihajatkan untuk menumbuhkembangkan Penulis-Penulis Muda se-Indonesia, yaitu melalui Buku Antologi Puisi yang akan diterbitkan nantinya. Adapun ketentuan lomba menulis puisi nasional ini adalah sebagai berikut :
Ketentuan Umum
1)      Peserta berwarga Negara Indonesia dengan melampirkan Identitas Diri (SIM, KTP, Kartu Pelajar, dan lain-lain)
2)      Tidak ada batas usia.
3)      Tema Puisi bebas. Naskah puisi tidak boleh bersinggungan dengan unsur SARA,Pornografi, Narkoba maupun sejenisnya.
4)      Naskah puisi ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD), tidak menggunakan bahasa SMS.
5)      Karya tidak pernah dipublikasikan di media cetak dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba yang sejenis.
6)      Diharuskan bergabung di grup Komunitas Rumah Sungai. Dengan mengklik link ini http://www.facebook.com/?ref=tn_tnmn#!/groups/kmrslotim/
7)      Mengcopy paste pengumuman ini ke dalam catatan facebook dan menandai minimal 20 orang.
8)      Melampirkan Biografi singkat Penulis dan nomer kontak di akhir naskah puisi.
9)      Biaya pendaftaran hanya Rp. 10.000,- untuk satu judul puisi. Semua peserta boleh mengirimkan tulisan lebih dari satu judul puisi (maksimal 5 judul puisi).
Ketentuan Khusus
1)      Bila Karya dikirim via email :
  • Naskah puisi ditulis dengan kerta A4 dengan Font Times New Roman spasi 1,5
  • Puisi dikirim ke email rifatkhan21@ymail.com dengan nama file Lomba Puisi_Nama Penulis, dan melampirkan scan Foto copy identitas diri dan bukti sudah membayar pendafataran.
  • Uang Pendaftaran dikirim ke rekening BRI : 4737-01-008429-53-0 atas nama Effendi Danata.
  • Pengiriman karya paling lambat tanggal 28 Januari 2012 pukul 24.00.
2)      Bila karya dikirim lewat POS :
  • Naskah Puisi dikirim ke alamat : Rifat Khan (NW Net) Jalan TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (Depan SMA NW Pancor) 83611 Selong, Lombok Timur, NTB. Dengan melampirkan Identitas diri dan uang pendaftaran.
  • Naskah boleh ditulis tangan, akan tetapi alangkah baiknya diketik dengan kertas A4 spasi 1,5.
  • Pengiriman karya paling lambat tanggal 28 Januari 2012.
Hadiah
1)      Juara 1 : Tabungan Rp. 700.000,- Piagam dan Buletin Embun
2)      Juara II : Tabungan Rp. 500.000,- Piagam dan Buletin Embun
3)      Juara III : Tabungan Rp. 200.000,- Piagam dan Buletin Embun
4)      Juara Harapan I mendapat Tabungan Rp. 100.000,- Piagam dan Buletin Embun
5)      100 Puisi terbaik akan dipilih dewan juri dan akan dibukukan menjadi Antologi Puisi.
Pengumuman pemenang akan diumumkan secara terbuka pada tanggal 28 Februari 2012 di Grup Komunitas Rumah sungai dengan link  http://www.facebook.com/?ref=tn_tnmn#!/groups/kmrslotim/ dan Blog Rifat Khan dengan link http://rifatkhanblog.blogspot.com/
Hal-Hal yang belum jelas dapat ditanyakan dengan kontak Facebook melalui :
Effendi danata
Rifat Khan
Fatih Kudus Jaelani
Amier Fawaz
Atau Nomer kontak :
087763151315 (Rifat Khan)
081918215184 (Effendi Danata)
disamping itu juga Komunitas Rumah Sungai Membuka Pendaftaran untuk anggota baru sampai dengan tanggal 30 Desember 2011. Info lebih lanjut hubungi Amier Fawaz ( 081997929312 )
Tertanda,
Panitia Lomba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pointilis

Pointilis merupakan teknik melukis dengan menggabungkan titik-titik kecil menjadi sebuah karya lukisan yang menarik. dalam melakukan pointilis dapat digunakan berbagai alat seperti spidol, pensil warna maupun cat.
       Di dalam seni rupa UKMS TITIK melukis dengan teknik pointilis sedah pernah dilakukan dan menghasilkan banyak karya dari anggota. Inilah hasil dari pointilis yang berhasil dibuat oleh anggota UKMS TITTIK...





















Tentunya keren-keren dan menarik kan karya pointilis ini. semuanya tampak berwarna dan menarik serta efek warna yang tebal membuatnya seperti 3D....

Tari Modern

             Tari modern merupakan bentuk dari seni tari yang lebih modern. penciptaan tari modern dapat dikreasikan sendiri sesuai keinginan penari tanpa terikat kebudayaan yang berkembang di masyarakat.        Termasuk dalam jenis tari non-tradisional adalah tari kreasi baru, tari modern, dan tari kontemporer. Ciri khas tari kreasi baru adalah tari tradisional yang diperbaharui. Ciri khas tari modern dan tari kontemporer adalah penemuan baru dalam hal tema, bentuk, dan penyajian tari.
        Wujud tari modern biasanya merupakan gabungan dari unsur-unsur budaya setempat dengan unsur budaya dunia. Ada pula yang sepenuhnya menampilkan unsur budaya dunia. Ciri khas tari kontemporer Indonesia adalah menyajikan tema, bentuk yang sedang terkenal, sedang menjadi sorotan saat ini. Jika tari kontemporer cirinya menyajikan tema dan bentuk yang sedang terkenal, sedang menjadi sorotan saat ini, namun tari modern belum tentu menyajikan tema dan bentuk yang sedang terkenal saat ini.


Pada saat Open …

Aplikasi Angkatan ANggada

Acara yang penuh dengan kebersamaan di Aplikasi Angkatan Anggada UKMS TITIK 2014
Mulai dari mendekor hingga penampilan